Kondangjajar, Kamis (13/04/2023). Telah dilaksanakan kegiatan Rembug Stunting Desa Kondangjajar, bertempat di Aula Desa Kondangjajar. Kegiatan tersebutĀ  dihadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Cijulang, Camat Cijulang, Kepala Desa Kondangjajar beserta Perangkat Desa, BPD, Bidan Desa, PKK, Kader Posyandu, RW, RT, dan tamu undangan lainnya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Kondangjajar, dengan penyampaiannya tentang rembug stunting, dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala UPTD Puskesmas Cijulang beliau menyampaikan bahwa rembug stunting merupakan kegiatan bagaimana caranya mengelola stunting agar optimal, terarah dan tersusun sehingga tujuan akan tercapai. Pengelolaan stunting dibagi menjadi 2 bagian: 1. Pencegahan (bagi remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu dengan anak usia 0-59 bulan) 2. Penurunan (anak penderita stunting dikuatkan melalui peningkatan protein/gizi)

Selanjutnya pemaparan materi dari Bidan Desa Kondangjajar (Iik Maskiah) terkait dengan stunting, beliau menjelaskan Program Peduli Stunting Desa Kondangjajar (PESTA) sebagai berikut:

  1. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.
  2. Latar belakang penyebab stunting yaitu setiap tahun jumlah balita gizi buruk, ibu hamil anemia masih tinggi.
  3. Tahun 2022 balita gizi buruk di Desa Kondangjajar berjumlah 8 orang.

Tujuan dari adanya program tersebut yaitu: Tahun 2024 Desa Kondangjajar Zero Stunting.

Dana pencegahan stunting berasal dari Dana Desa sebesar Rp. 89.000.000 peruntukannya:

  1. Calon pengantin resiko tinggi (anemia/KEK)
  2. Ibu hamil resiko tinggi
  3. Ibu nifas resiko tinggi
  4. Balita gizi buruk